HEADLINE NEWS

WaliKota Buka Festival Kuliner Kota Medan 2019 RasaEnak Kuliner Harus Tanpa Bumbu Penyedap

Sebanyak 102 pelaku kuliner mengikuti Festival Kukiner Kota Medan (FKKM) yang berlangsung mulai 20-22 September di Lapangan Merdeka Medan. Event kuliner yang digelar rutin setiap tahun ini dibuka langsung Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH. Selain mengenalkan sekaligus mempromosikan keanekaragaman kuliner, FKKM juga diharapkan semakin mengukuhkan Kota Medan sebagai salah satu kota kuliner terbaik di Indonesia.
            Dari 102 pelaku kuliner yang mengisi FKKM tersebut, 92 diantaranya merupakan stand kuliner dan 10 lagi merupakan food truck. Seluruh pelaku kuliner menampilkan makanan dan jajanan terbaik dengan kelezatan rasa yang tidak diragukan lagi sehingga diharapkan  mampu memuaskan para pengunjung yang hadir, terutama pecinta kuliner.
            "Selain terkenal dengan kemajemukannya yang terdiri dari suku, budaya, agama dan adat istiadat yang beragam, Kota Medan juga dikenal sebagai kota kuliner karena memiliki aneka ragam makanan. Artinya, berbagai macam makanan tradisionil yang merupakan warisan leluhur ada di Kota Medan yang kita cintai bersama ini," kata Wali Kota.
            Dihadapan Ketua DPRD Kota Medan Hasyim SE, Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suriono, sejumlah pimpinan OPD  di lingkungan Pemko Medan serta ratusan pengunjung, Wali Kota selanjutnya menyampaikan rasa bangganya karena kuliner di Kota Medan saat ini terus berkembang. Kondisi ini terjadi karena kuliner saat ini tidak lagi hanya sekedar memenuhi kebutuhan pokok tetapi telah menjadi life style (gaya hidup).
  "Alhamdulillah kondisi ini membuat kuliner di Kota Medan semakin marak dengan mengusung cita rasa baru. Saya harap hal ini tentunya menjadi motivasi bagi para pelaku kulineruntuk dapat mengolah bahan-bahan makanan atau masakan tradisional menjadi hidangan yang lebih kekinian," harapnya.
            Sekaitan itulah Wali Kota berharap agar  keanekaragaman kuliner yang ada menjadi kekayaan warga Kota Medan dan terus dikembangkan sehingga menjadi ikon Kota Medan. Di samping itu Wali Kota mengingatkan agar kuliner di Kota Medan tidak tergantung dengan bumbu penyedap. "Saya berharap para pelaku kuliner mulai saat ini bagaimana caranya menghasilkan makanan yang enak tanpa bumbu penyedap. Dengan demikian siapa saja yang menyantapnya senantiasa terjaga kesehatannya," pesannya
            Selanjutnya Wali Kota berharap agar FKKM dapat menyemarakkan dunia kuliner di ibu kota Provinsi Sumut ini. Tidak hanya makanan tradisional tetapi juga jajanan maupun penganan kekinian. Apalagi festival kuliner ini sudah menjadi agenda sehingga rutin digelar setiap tahun. “Event ini harus menjadi dorongan agar orang Medan dapat menciptakan trend masakan modern dengan cira rasa lokal yang hanya memiliki dua rasa yakni enak dan enak s kali," ungkapnya.
            Pembukaan FKKM yang diinisiasi Dinas Pariwisata Kota Medan ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan Wali Kota didampingi Ketua DPRD Kota Medan, Kadis Pariwisata serta unsur Forkopimda Kota Medan. Setelah itu Wali Kota disuguhi aneka makanan dan jajanan khas Kota Medan dan dilanjutkan dengan peninjaun seluruh stand  yang dilakukan Wali Kota.
            Selain menikmati aneka kuliner yang lezat dan nikmat, pengunjug juga dihibur dengan pertunjukan tarian dan musik dari sejumlah band asal Kota Medan. Di samping itu selama tiga hari digelar, pengunjung juga nantinya akan dihibur dengan pertunjukan battle antara chef Kota Medan dengan chef nasional Vindy Lee. Kemudian panitia juga akan memberikan give away kepada 500 orang pendaftar pertama makan gratis.
            "Untuk itulah saya mengajak warga Kota Medan agar datang beramai-ramai bersama anggota keluarganya guna menikmati aneka kuliner, apalagi FKKM digelar sampai malam hari disertai aneka hiburan," imbau Agus Suriono.

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *