HEADLINE NEWS

Polres Pelabuhan Belawan Beserta Jajarannya Peringati Hari Pahlawan

Polres Pelabuhan Belawan beserta jajarannya menggelar upacara memperingati Hari Pahlawan Nasional 10 November 2019 yang berlangsung di halaman Mako Polres Pelabuhan Belawan jalan Raya Pelabuhan No.1 Belawan, Minggu (10/11/2019) sekira pukul O8.OO Wib.

Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis,SH MH diwakili Wakapolres Pelabuhan Belawan Kompol Taryono Raharja,SH SIK bertindak sebagai inspektur upacara.

Sementara bertindak sebagai perwira upacara AKP M.H Sitorus,SH, dan selaku komandan upacara Ipda C.H Nababan.

Turut hadir sejumlah penjabat utama (Pju) Polres Pelabuhan Belawan seperti Kabag Ops Kompol H.Erinal, Kabag Sumda Kompol DR.Sri Pinem,SH M.Kn, Kasat Binmas Kompol H.Justar Purba,SH, Kasat Lantas AKP M.H Sitorus,SH, Kasat Narkoba AKP Sukarman,SH, Kasat Sabhara AKP Eriyanto Ginting,S.Sos, Kasat Intelkam Iptu SBI Manullang.berserta Kapolsek jajaran, Kapolsek Medan Labuhan AKP Edy Safari S,SH diwakili Wakapolsek AKP Ponijo,SIP, Kapolsek Hamparan Perak AKP Azaharuddin,SH, Kapolsek Belawan AKP Safaruddin Tama Siregar,SH.

Adapun rangkaian kegiatan upacara diawali dengan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara, dilanjutkan dengan pembacaan butir - butir Pancasila oleh Inspektur upacara.

Berikutnya Pembacaan do'a oleh Aiptu Khairul Ahyar , dilanjut pembacaan Undang - Undang Dasar 1945 oleh Ipda Mige Fajari,seterusnya pembacaan pesan - pesan perjuangan atau kata mutiara dari para pahlawan nasional oleh Iptu H.L Tambunan.

Dilanjutkan dengan pembacaan amanat oleh inspektur upacara Wakapolres Pelabuhan Belawan Kompol Taryono Raharja,SH SIK.

Dalam amanatnya Kompol Taryono menyebutkan masa peperangan mengingatkan kita kepada perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan, dengan pengorbanan air mata, tetesan darah bahkan nyawa. Untuk itu kita sebagai generasi penerus bangsa hendaknya dapat meneruskan dan menghargai pengorbanan dalam memperjuangkan kemerdekaan negri kita ini,Indonesia.

Lanjutnya,hanya bangsa yang besar yang menghargai jasa para pahlawannya.

Selain itu peringatan hari pahlawan membangkitkan generasi muda menjadi pahlawan masa kini. Sebagaimana tema hari pahlawan tahun 2019 : " Aku Pahlawan Masa Kini ".

"Siapapun bisa menjadi pahlawan masa kini bisa dilakukan siapapun setiap warga negara indonesia dalam bentuk abdi artinya aksi nyata untuk memperkuat NKRI sebagai penolong sesama yang terkena musibah tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis, dan sebagainya," ucap Taryono Raharja.

Masih dalam amanatnya, peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Jangan biar NKRI yang telah dibangun oleh pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia, jangan biarkan tangan - tangan jahil  atau pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

"Jangan biarkan negeri ini terkoyak, tercerai-berai, terprofokasi untuk saling menghasut satu sama lain. Mari kita maknai hari pahlawan ini dengan wujud nyata bekerja dan bekerja membangun negri menuju indonesia maju," seru mantan Wakapolres Tanjung Balai itu mengakhiri amanatnya.

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *