HEADLINE NEWS

Peternak Babi Konversi Ternaknya ke Ikan Lele

Para peternak Babi di Medan dianjurkan dapat mengkonversi usaha ternaknya berubah ke ternak ikan lele. Dimana para peternak Babi saat ini banyak merugi karena penyakit virus kolera.


Anjuran itu disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Medan Paul Mei Anton Simanjuntak didampingi anggota komisi Renville Napitupulu dan Dedy Akhsyari Nasution saat melakukan rapat dengar pendapat (RDP) menyikapi pernyaataan Kepala Dinas Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Medan dalam evaluasi realisasi anggaran triwulan III 2019 di ruang komisi, Rabu (4/11/2019).

Sebagaimana yang disampaikan Kadis Peternakan dan Perikanan para peternak ditawari agar dapat untuk pengalihan usaha ternak sementara dari ternak babi ke lele sampai kondisi virus dapat diatasi

Untuk itu, DPRD Medan mendorong Pemko Medan melalui Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan dapat memfasilitasi konversi tersebut.

“Kita prihatin dengan kerugian peternak karena penyakit kolera Babi saat ini. Kiranya dapat beralih ke ternak ikan lele karena kandang Babi selama ini tidak banyak merubah tempat ke kolam ikan, ujar Paul.

Ditambahkan anggota dewan lainnya, seperti Renville Napitupulu, seiring dengan wacana itu, Dinas Pertanian dan Perikanan diharapkan dapat mematangkan program konversi tersebut. Begitu juga program pembudidayaan ikan lele disetiap lingkungan supaya digalakkan.

Pendapat yang sama juga disampaikan Dedy Nasution, kepada Dinas Perikanan dan Pertanian supaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat terlebih bagi yang mau berobah usaha.

Begitu juga kepada masyarakat Medan yang selama ini belum ada usaha supaya dilakukan sosialisasi dan penyuluhan agar warga memanfaatkan lahan pekarangan rumah buat kolam ikan lele.

Untuk memenuhi kebutuhan bibit ikan lele bagi masyarakat Medan yang hendak konversi dan masyarakat lainnya. Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan supaya menyiapkan suplay bibit ikan lele lebih besar.

“Persediaan ikan lele pun harus diperbanyak tahun 2020. Karena dipastikan permintaan semakin meningkat,” sambung Paul lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Mefan Ir Ikhysar Marbun yang hadir saat RDP mengatakan, setiap tahun pihaknya mensuplay ikan lele sekitar 1 jt ekor. Ikan itu hasil pembibitan yang mereka lakukan di UPT Medan Tuntungan.

“Untuk tahun 2020 pun kami melakukan yang sama dan siap menambah jumlah bibit ikan,” terang Ikhsyar Marbun. Sedangkan terkait Perda larangan beternak berkaki empat dibeberapa lokasi kota Medan masih berlaku.

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *