HEADLINE NEWS

Pemko Medan Mengikuti Pelaksanaan Detik-Detik Proklamasi

Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengikuti Pelaksanaan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke -75 secara virtual di Ruang Command Center, Kantor Wali Kota Medan, Senin (17/08).

Kegiatan yang dihadiri Plt Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si, diwakili Sekda Ir. Wiriya Al Rahman, MM ini berlangsung Khidmat dan tetap mengikuti Protokol Kesehatan. Hadir mendampingi Sekda, Asisten Umum Renward Parapat, Asisten Ekbang Khairul Syahnan dan Kepala Bappeda Irwan Ritonga.

Upacara detik-detik Proklamasi dalam rangka HUT ke-75 Republik Indonesia tahun 2020 berbeda dari biasanya. Bila tahun-tahun sebelumnya, HUT dilaksanakan secara besar-besaran di Istana Negara, Jakarta, tahun ini perayaan dibuat sederhana.

Selain itu Upacara juga hanya dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Ibu Negara, Iriana Jokowi, Wakil Presiden Maruf Amin dan istrinya, Wury Estu Handayani. Selain itu hadir juga Ketua MPR Bambang Soesatyo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Presiden RI Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara. Detik-detik proklamasi dimulai pukul 09.42 WIB yang ditandai dengan meniupkan Terompet dan tembakan kehormatan sebanyak 17 kali oleh prajurit TNI.Kemudian pembacaan Naskah Proklamasi yang dibacakan Ketua MPR RI dan dilanjutkan mengheningkan cipta dan pembacaan Doa oleh Menteri Agama Fachrul Razi.

Selanjutnya, Pengibaran Bendera sang saka merah putih oleh Paskibraka tepat pada pukul 10:17 WIB. Pada saat ini juga Sirine di Seluruh Indonesia dibunyikan dan aktivitas diberhentikan sejenak termasuk di Kota Medan masyarakat yang berada di jalan diberhentikan dan sirine dibunyikan. Upacara ditutup dengan Persembahan Lagu Hari Merdeka dan Syukur oleh Gita Bahana.

Usai mengikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT RI ke 75, Sekda Kota Medan mengucapkan rasa syukur Upacara berjalan baik dan lancar. Tentunya momentum hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke 75 tahun ini diharapkan wabah covid-19 dapat segera berakhir dari Indonesia khususnya kota Medan sehingga masyarakat dapat hidup normal kembali.

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *