HEADLINE NEWS

KADES HUTABARU, KEC. AEK BILAH,TAPANULI SELATAN DIDUGA TIDAK TRASPARAN DANA DESA DAN SEGALA BANTUAN YANG ADA DIDESA



Labuhanbatu,- Ketua umum LSM GEBRAKKAN RI)(lembaga swadaya masyarakat Gerakan brantas kriminal ,korupsi&Narkoba republik indonesia) Darmono raja SH. Bersama Tim naik gunung mengunjungi dan kroscek kebenaran atas laporan tokoh adat dan beberapa tokoh masyarakat serta laporan Dewan pimpinan daerah (DPD) LSM GEBRAKKAN RI.Kab.Paluta dan kab. Tapanuli selatan.(5,6,7-10/2020) ternyata banyak ditemukan desa desa yg tidak layak menjadi satu desa dengan mendapatkan kucuran dana desa berkisar 600jt s/d 700jt dengan jumlah penduduknya satu desa hanya 14 kk, dan ada yg 22kk dan 30 kk.ini dibenarkan langsung oleh kepala desa dan kadusnya itu sendiri. Termasuk salah satunya desa pamarai. Desa Dolok sanggul dengan jumlah penduduk 14kk. Dengan jumlah BPD ,5 org pernangkat desa 7orang sisa 2 kk lagi la penduduknya Ucap kades pamarai ,kec. Dolok sigumpolon Kab. Paluta, Fahmi rambe dan ucap kades dolok sanggul ,kec. Dolok, kab. Paluta (padang lawas utara) Julpan ritonga ketika ditanya awak media awak media &Tim. 

   

Untuk desa Hutabaru kec aek bilah sendiri Kabupaten tapsel. Ketika dimintai keterangan terkait desanya slalu menghindar tidak mau berjumpa bahkan via wa pun konfirmasi awak media tidak dibalas sampai diterbitkan berita ini. Akan tetapi kadusnya bernama rohim (45thn)  dan tokoh adat bernama pikir rambe(40thn)dan beberapa tokoh masyarakat yang tidak mau disebut namanya karena takut dengan kadesnya.mereka mengatakan benar tidak pernah trasparan dengan dana desa dan segala bentuk bantuan kepada masyarakat tidak pernah tau termasuk kadus sendiri sebagai perpanjangan tangan kades tidak pernah diajak musdes(musyawarah desa) bahkan maskerpun, hansanitezer bahkan blt(bantuan langsung tunai) yang seharusnya sudah sampe tahap 6.sudah diberikan akan tetapi desa ini tidak ada sama sekali. 

Diharapkan kepada pihak yg berwenang dan instansi terkait utk menindak lanjuti prihal ini. Ucap KETUM LSM GEBRAKKAN RI dan tim sembari kembali melanjutkan perjalanan dan investigasi kedesa desa lain yg jarak tempuh dan medan penuh jurang terjal dan mndaki serta jln batu besar dan berlumpur. (Dr)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *